Jumat, 05 Juli 2013

ipa-umum




PERTUMBUHAN KACANG HIJAU DI TEMPAT TERANG DAN GELAP

Di blog ini saya membahas tentang perkembangan kacang hijua di tempat terang dan gelap yang di ambil dari beberapa sumber yang saya dapat.Saya terinspirasi dengan artikel ini karena di sekolah saya,saya di suruh membuat artikel.Nah,dari situlah saya terinspirasi untuk membuat artikel tentang pertumbuhan kacang hijau di tempat terang dan gelap.
Semoga di artikel ini banyak manfaat yang bisa di ambil untuk pelajar yang seperti saya.
Saya mengambil sedikit rangkuman dari artikel saya yaitu:
GEN adalah "substansi hereditas" yang terletak di dalam kromosom.
Gen bersifat antara lain :
- Sebagai materi tersendiri yang terdapat dalam kromosom.
- Mengandung informasi genetika.
- Dapat menduplikasikan diri pada peristiwa pembelahan sel.
Pengaruh Gen dalam perkecambahan yaitu perbedaan dalam laju pertumbuhan masing-masing biji kacang hijau.

Hormon adalah senyawa organik yang dibuat pada suatu bagian yang dengan konsentrasi rendah menyebabkan suatu dampak fisiologis.
Hormon yang mempengaruhi antara lain :

Auksin adalah senyawa asam indol asetat (IAA) yang dihasilkan di ujung meristem apikal (ujung akar dan batang). Berfungsi mengatur pembesaran sel dan pemanjangan sel di daerah belakang meristem ujung.
Pengaruhnya yaitu bagian batang yang terkena cahaya memiliki auksin yang lebih sedikit karena auksin mengalami kerusakan jika terkena cahaya sedangkan bagian batang yang tidak terkena cahaya mempunyai lebih banyak auksin sehingga tumbuh lebih panjang daripada batang yang terkena cahaya. Auksin juga menyebabkan perpanjangan sel batang dan menghambat perpanjangan sel akar.


 Faktor Eksternal antara lain :
Air berpengaruh dalam pertumbuhan kecambah, yaitu air berfungsi sebagai pelarut reaksi dalam tubuh tumbuhan dan sebagai medium reaksi enzimatis. Apabila kekurangan air, maka terjadi peningkatan asam absisat yang menghambat pertumbuhan dan menurunkan produksi hormon auksin pada tanaman. Sehingga sulit bertambah pertumbuhannya.
Cahaya berpengaruh terhadap fotosintesi kecambah, dan merangsang pembentukan klorofil sehingga tanaman dapat menghasilkan mekanan sendiri. Hal ini menyebabkan tanaman yang ditempat terang berwarna hijau daunnya sedangkan ditempat gelap batangnya kurus, daunnya pucat dan tidak berkembang dengan baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar